Masalah & Isu Strategis Desa

31 Januari 2017 19:19:46 WITA

Masalah dan Isu Strategis Desa

Rumusan permasalahan yang cukup besar di tingkat desa, bukan semata-mata disebabkan oleh internal desa, melainkan juga disebabkan permasalahan makro baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi maupun pemerintah. Permasalahan yang terjadi akan semakin besar manakala tidak pernah dilakukan identifikasi permasalahan sesuai sumber penyebab masalah beserta tingkat signifikasinya secara partisipatif. Ketidak cermatan mengidentifikasi permasalahan sesuai suara masyarakat secara tidak langsung menghambat efektifitas dan efisiensi perencanaan program pembangunan yang pada akhirnya inefisiensi anggaran.

Dalam merumuskan prioritas perencanaan pembangunan desa harus mempertimbangkan kondisi obyektif desa yaitu kondisi yang menggambarkan situasi yang ada di Desa, baik mengenai sumber daya manusia, sumber daya alam, maupun sumber daya lainnya, serta dengan mempertimbangkan, antara lain, keadilan gender, pelindungan terhadap anak, pemberdayaan keluarga, keadilan bagi masyarakat miskin, warga disabilitas dan marginal, pelestarian lingkungan hidup, pendayagunaan teknologi tepat guna dan sumber daya lokal, pengarusutamaan perdamaian, serta kearifan lokal.

Dalam RKP Desa Tahun 2017 permasalahan Desa Banjarasem dikelompokkan menjadi beberapa permasalahan penting berdasarkan 4 aspek, sebagai berikut :

 

  1. BERDASARKAN EVALUASI PELAKSANAAN PEMBANGUNAN RKP DESA TAHUN 2016

 

    Evaluasi hasil pembangunan tahun sebelumnya dilakukan melalui analisa terhadap kesesuaian antara program & kegiatan yang terdapat dalam RKP Desa dan APB Desa Tahun 2018dengan implementasi pelaksanaan pembangunan tahun 2017. Dari hasil analisa tersebut diperoleh beberapa catatan masalah sebagai berikut:   

  • Berdasarkan Kewenangan Hak Asal Usul:
    • Pada Musim Hujan, sering air hujan meluap ke permukaan jalan, sehingga banyak badan jalan di Desa Banjarasem rusak karna air hujan.
    • Tidak nyamannya umat melakukan Persembahyangan di Pura Puseh/Desa sehingga perlu adanya penataan halaman pura untukkegiatan umat bersembahyang.
  • Berdasarkan Kewenangan Lokal Berskala Desa
    • Pada Musim Hujan air hujan meluap ke permukaan jalan, sehingga banyak badan jalan yang rusak karna air hujan.
    • Ada Beberapa Petani mengahandalkan air hujan untuk mengairi sawah karna Dam//Empelan Irigasi Subak Jebol oleh arus Banjir bandang.
    • Kurangnya sarana prasarana

 

 

  1. BERDASARKAN IDENTIFIKASI RPJM Desa

                 Berdasarkan Peraturan Desa Banjarasem Nomor 3 Tahun 2016 tentang RPJM Desa Banjarasem tahun 2016-2021 prioritas masalah yang harus diselesaikan meliputi masalah pokok yang secara rinci permasalahan tersebut adalah :

  • Berdasarkan Kewenangan Hak Asal Usul:
    • Pada Musim Hujan, sering air hujan meluap ke permukaan jalan, sehingga banyak badan jalan di Desa Banjarasem rusak karna air hujan.
    • Tidak nyamannya umat melakukan Persembahyangan di Pura Puseh/Desa sehingga perlu adanya penataan halaman pura untuk kegiatan umat bersembahyang.
  • Berdasarkan Kewenangan Lokal Berskala Desa
    • Pada Musim Hujan air hujan meluap ke permukaan jalan, sehingga banyak badan jalan yang rusak karna air hujan
    • Ada Beberapa Petani mengahandalkan air hujan untuk mengairi sawah karna Dam//Empelan Irigasi Subak Jebol oleh arus Banjir bandang.
    • Kurangnya sarana prasarana

 

  1. BERDASARKAN PRIORITAS KEBIJAKAN DAERAH

RKP Desa sebagai satu kesatuan mekanisme perencanaan pembangunan daerah dalam proses penyusunannya harus juga memperhatikan prioritas kebijakan pembangunan daerah, mulai dari evaluasi Renja Kecamatan  dan ataupun hasil evaluasi pelaksanaan RKPD tahun sebelumnya serta prioritas kebijakan daerah tahun berikutnya.

Adapun prioritas masalah yang harus diselesaikan berdasarkan Prioritas Kebijakan Daerah adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Sosial Budaya
  2. Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah:
    1. Pembangunan Drainase/Gotong-Royong Banjar Dinas Yehanakan
    2. Pembangunan Drainase/Gotong-Royong Banjar Dinas Kalanganyar
    3. Pengaspalan Jalan Hotmik Banjar Dinas Kalanganyar
    4. Pembangunan Drainase Jalan Yudistira
    5. Bedah Rumah Untuk Kaka Miskin
    6. Rehab Rumah
  3. Bidang Ekonomi:
    1. Sarana Alat Penangkapan Ikan Berupa Sampan Untuk KUBE Putra Bahari dan Hasil Laut
    2. Pengadaan bibit sapi bagi Kelompok Banteng Celagi
    3. Pengadaan Mesin Hand Traktor untuk Subak Mekar Sari
  4. BERDASARKAN ANALISA KEADAAN DARURAT

Analisa keadaan darurat dilakukan untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang muncul secara tiba-tiba, baik disebabkan oleh bencana alam dan ataupun sebab lain yang apabila tidak segera diatasi akan semakin menimbulkan masalah bagi masyarakat. Berdasarkan analisa pemerintah desa dan laporan yang disampaikan oleh masyarakat, Dari analisis keadaan darurat tidak ditemukan kegiatan yang harus dilaksanakan pada tahun 2018

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Banjarasem

tampilkan dalam peta lebih besar