pemerintah Desa Banjarasem Dukung Penuh Konservasi Lontar

Operator Desa 30 April 2021 22:31:34 WITA

Pemerintah Desa Banjarasem Dukung Penuh Konservasi Lontar

Jumat, 30/4/2021 didampingi Perbekel Banjarasem, UPTD Gedog Kirtya menyambangi rumah kediaman Jro Mangku Made Warna yang beralamat di Banjar Dinas Dajan Rurung Desa Banjarasem, Seririt. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring informasi terkait keberadaan lontar di masyarakat yang dapat dijadikan data dan refrensi ilmu pengetahuan bagi Gedong Kirtya. Kegiatan pelestarian warisan budaya ini sangat didukung oleh Pemerintah Desa Banjarasem.

Sebelum di konservasi/dibersihkan untuk kemudian didata, kegiatan diawali dengan mengahaturkan pejati untuk upacara nedunang lontar oleh pemilik. Pembersihan lontar menggunakan campuran minyak kemiri dan alkhol, kemudian minyak tersebut dioleskan menggunakan kapas secara perlahan di lempiran lontar secara hati-hati dan satu arah gosokan. Ada 5 cakep lontaryang berhasil di bersihakan, dan 1 lontar tidak dapat dikonservasi dikarenakan lontar dalam keadaan yang kering, rusak, berdebu dan sudah menempel erat dengan bagian lempir lontar yang lain.

Kawisesan salah satu judul lontar lontar yang menarik milik Jro Mangku Made Warna, lontar ini langsung di baca dan di alih aksarakan oleh anggota konservasi dari Gedong Kirtya. “Nantinya hasil alih aksara ini akan dibuat menjadi sebuah buku, digabung dengan alih aksara dari tempat konservasi yang lain. Buku tersebut akan segera dibagikan setelah tim konservasi dari gedong kirtya telah selesai melaksanakan kegiatan konservasi di tempat konservasi yang lain.” ujar  Putu Suarsana.

Komentar atas pemerintah Desa Banjarasem Dukung Penuh Konservasi Lontar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Banjarasem

tampilkan dalam peta lebih besar