PENILAIAN KKG-KB-KES TK. KABUPATEN BULELENG TAHUN 2018

Operator Desa 01 November 2018 13:30:09 WITA

Pembinaan I (Awal) yang telah dilaksanakan pada Rabu (11/07), Pembinaan II yang tidak dilaksanakan atau dibatalkan karena pada saat itu Bapak Perbekel Banjarasem (I Gede Arya Jana) meninggal dunia dan pada hari Selasa (30/10) dilaksanakan Penilaian KKG-KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten Buleleng bertempat di Kantor Perbekel Banjarasem yang dihadiri oleh :

  • Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kab.  Buleleng, beserta anggota,
  • Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng,
  • Ketua Tim Penilai HKG-KB-Kes Tingkat Kab. Buleleng beserta anggota,
  • Bapak Camat Seririt, Beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Seririt.
  • Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Seririt, beserta anggota,
  • Ketua Tim Pembina KKG-KB-Kes. Tingkat Kec. Seririt, beserta anggota,
  • Bapak Perbekel Desa Banjarasem, beserta seluruh staf,
  • Bapak Ketua BPD, LPM, Kelian Desa Pakraman dan Kelian Subak se- Desa Banjarasem,
  • Ibu Ketua Tim Pengerak PKK Desa Banjarasem beserta anggota, dan
  • Para Tim Pendamping Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes Tingkat Desa serta beberapa warga masyarakat Desa Banjarasem

Pada pelaksanaan Lomba Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2018 ada 3 (tiga) lomba yaitu :

I.Lomba Yang Tidak Terkait dengan BBGRM

1) Bidang Tertib Administrasi PKK

     Dalam menggerakkan Bidang Tertib Administrasi PKK, Desa Banjarasem sudah memiliki aspek legalitas dengan Keputusa Perbekel Nomor 16 Tahun 2016, dari Keputusan Perbekel tersebut PKK Desa Banjarasem membentuk Kelompok Kerja (Pokja) dari Pokja I s/d Pokja IV. Secara admnistrasi sudah memiliki 6 (enam) Buku Wajib serta 4 (empat) Buku Tambahan.

2) Bidang Pola Asuh Anak dan Remaja

            Sesuai dengan Keputusan Perbekel Nomor : 34 Tahun 2018 tentang Pembentukan Tim Pendamping Bidang Pola Asuh Anak dan Remaja. Desa Banjarasem sudah membentuk Kelompok Simulasi Pola Asuh Anak dan Remaja.

3) Bidang UP2K-PKK

            Secara administrasi UP2K-PKK Desa Banjarasem sudah memiliki 3 (tiga) buku wajib. Tahun 2017 ada 2 (dua)kelompok yakni kelompok Cempaka (dengan jenis usaha berupa jualan banten, dupa, dan budidaya jamur tiram) dan kelompok kamboja (jenis usaha jajan banten dan ternak babi). Dan Tahun 2018 bertambah menjadi 3 (tiga) kelompok, dengan kelompok tambahan Mawar (jenis usaha berupa kue basah dan kripik). Dari semua jenis usaha UP2K-PKK Desa Banjarasem masih dalam kategori pemula (baru memulai usaha).

4) Bidang HATINYA PKK

            Dalam menggerakkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman, Pemdes Banjarasem bersama dengan Kelian Banjar Dinas sudah melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan sebanyak 2 kali dalam sebulan, dengan selalu melakukan pemilahan jenis sampah baik sampah organic dan anorganik. Disamping itu juga dimulai dari lingkungan keluarga juga sudah memanfaatkan tanah pekarangannya sendiri dengan menanam sayur-sayuran, pemanfaatan untuk bumbu seperti cabe, jahe, kunyit, dan kencur. Pemanfaatan buah-buahan seperti anggur, mangga, dapat juga memenuhi protein hewani melalui pemeliharaan ayam, babi, ikan, dsb.

5) Bidang TOGA

Desa Banjarasem dimulai dari lingkungan keluarga sudah memanfaatkan tanah pekarangannya untuk ditanami Toga seperti Sirih, gamongan, kunyit, jeruk nipis, serei, daun salam, kayu manis, belimbing buluh dsb.

II. LOMBA YANG TERKAIT DENGAN BBGRM

1)Bidang Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan

         PKK Desa Banjarasem selalu berkoordinasi dengan PLKB yang ada di Kecamatan serta dibantu oleh Kader BKB dalam pelaksanaan penyuluhan BKB (Bina Keluarga Balita), BKR (Bina Keluarga Remaja) dan BKL (Bina Keluarga Lansia). Selain itu juga mendukung program KB (Keluarga Berencana) dalam penyuluhan yang diberikan baik dari Bidan Desa maupun dengan Puskesmas II Seririt.

2) Bidang Posyandu

        Posyandu merupakan wadah perpaduan pengembangan peran serta dalam mempertahankan dan meningkatkan status gizi dan derajat kesehatan ibu hamil, ibu menyusui, dan balita dengan menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan dasar yang merata, bermutu dan terjangkau. Desa Banjarasem secara rutin sudah melaksanakan kegiatan posyandu setiap bulan di masing-masing banjar dinas, dengan sumber pendanaan dari APBDes, memberikan insentif bagi kader posyandu, memberikan pakaian kepada kader, ATK, serta PMT bagi balita.

3) Bidang PHBS

       Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah berawal dari diri sendiri seperti halnya mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum makan, meggosok gigi sebelum dan sehabis makan dsb.

4) Bidang LBS

      Lingkungan Bersih dan Sehat akan tercipta dengan sendirinya jika human (manusianya) mempunyai andil didalam melestarikan lingkungan yang ada disekitarnya. Dalam prakteknya Desa Banjarasem sudah memasang himbauan berupa Larangan KTR (Kawasan Tanpa Rokok) di Kantor Desa dan tempat umum.

 

III. LOMBA INOVASI

1) Bidang Koor PKK

        Dalam pelaksanaannya Koor PKK Desa Banjarasem terdiri atas 21 orang termasuk Dirijen. Adapun lagu yang dinyanyikan sebanyak 3 (tiga) lagu yaitu Mars PKK, Mars KB dan Posyandu.

2) Bidang Cipta menu B2SA Non Beras

        B2SA (Beragam Bergizi Sehat dan Aman) Non Beras merupakan menu yang menjadi inovasi dalam memenuhi kadarzi (Keluarga Sadar Gizi) dengan memanfaatkan bahan-bahan local yang bisa ditemukan di Desa Banjarasem.

3) Bidang Senam Lansia

        Dalam menciptakan kebugaran dan kesehatan bagi para lansia melalui posyandu lansia, bidan desa bersama dengan pihak dari Puskesmas II Seririt secara rutin melaksanakan kegiatan senam lansia disamping juga pengecekan kesehatan secara gratis bagi para lansia.

4) Pendanaan

         Adapun kegiatan ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian ini bersumber dari APBDes Banjarasem Tahun Anggaran 2018 dengan Jumlah Anggaran Rp. 2.626.245.577,77

 

Komentar atas PENILAIAN KKG-KB-KES TK. KABUPATEN BULELENG TAHUN 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Banjarasem

tampilkan dalam peta lebih besar